All About Projector

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Speaker Aktif

Speaker Aktif

PENGERTIAN SPEAKER AKTIF

Speaker aktif adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio(suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitastinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap sajahasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnyarendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyalelektronik, menyimpannya dalam

CDs, tapes, dan DVDs

, lalu mengembalikannyalagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Dalam artikel ini,dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu jugaakan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda dan bagaimanaperbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda juga terhadap kualitasnya.Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yangsangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnyaspeaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.

 

 

 

SEJARAH SPEAKER AKTIF (ACTIVE SPEAKER)

Alexander Graham Bell mematenkan sebuah loudspeaker elektrik yang pertamakalinya pada tahun 1876 yang terpasang pada telepon miliknya. Ernst Siemensmemperbaikinya pada tahun 1877. Nikola Tesla menyatakan bahwa dirinya telahmembuat sebuah perangkat yang sama pada tahun 1881 tetapi tidak mendapathak paten. Ternyata selama ini Thomas Edison telah mengisukan bahwa di inggrismematenkan sebuah system yang menggunakan kompresor udara sebagaimekanisme untuk cylinder phonograps permulaan, namun ia akhirnyamenggunakan logam yang didorong oleh selaput yang melekat pada stylus. Padatahun 1898, Horace Short mengumumkan sebuah design speaker yangmenggunakan kompresor udara yang kemudian menjualnya pada CharlesParsons. Yang kemudian mendapat beberapa tambahan hak paten di inggrissebelum 1910. Beberapa perusahaan, termasuk Victor Talking Machine Companyand Pathe memproduksi records players yang menggunakan compressed airloudspeaker. Tetapi, desain ini kurang signifikan karena rendahnya kualitas suara

 

JENIS-JENIS SPEAKER AKTIF

 

1. Speaker Dual Cone

Umumnya, desain speaker ini paling efisien dan berharga murah, biasa dilihat distandar mobil baru. Dentuman suara yg dihasilkan rata2 nyaris sama, walaupundari berbagai merk. Terdiri dari 2 buah cone ( konus ).

2. Speaker Coaxcial (Terpusat)

Terdiri dari woofer, midrange dan tweeter dalam satu poros dan berdekatan.Peranti ini sengaja di desain menghasilkan frekuensi lebih rata.Jenis-Jenis Speaker Aktif :1.

Speaker 2 Way

Tweeter berada terpisah yg terletak diatas woofer/konus. Terdiri dari Woofer danTweeter

Speaker 3 Way

Terdiri dari woofer, midrange, dan tweeter. Fungsi dari midrange adalahmengakomodasi vocal.3.

Speaker 4 Way

Terdiri dari Woofer, Midrange, Tweeter, Super Tweeter.

3. Speaker Split (Terpisah)

Jenis speaker ini adalah jenis terpisah. Woofer, Midrange dan tweeter terpisah.Crossover digunakan untuk membagi frekuensi suara

 

Mengapa harus beli speaker aktif ?

Mengapa harus beli speaker aktif ?Untuk menghasilkan suara yang mantap dan jenih baik dalam bass , trebleataupun vocal yang banyak di pakai dalam aplikasi untuk musik, mp3 fomat ,games, ponsel musik dan movie.Tips sebelum membeli speaker aktif :

1.Cermatlah memilih

Saat ini banyak speaker yang mudah ditemui dipasaran, point yang paling pentinguntuk kita ingat sebelum membeli adalah mengenal kebutuhan utama kita danpahamin spesifikasi dari speaker itu sendiri, seperti pengaturan bass, treble ,selector input dan remote control.

2 .Bandingkan suaranya dengan speaker yang lain

.Apa pun jenis dan sistem tata suara yang digunakan, secara prinsip speakeradalah peranti elektronik yang menerima sinyal masukan dan memberikan responkeluaran berupa frekuensi audio (lebih dikenal dengan istilah “suara”). Meskiprinsip kerjanya sama, setiap speaker tentunya mempunyai spesifikasi frekuensiaudio dan kekuatan output suara yang berbeda.

3.Aktifkan lalu coba speakernya

Putarlah beragam jenis musik seperti Disco, Rock, Jazz, Pop, Dangdutl, dll danbandingkan dengan model speaker yang lainnya dalam internal harga yangsebanding untuk melihat kualitas suaranya.

4. Bagus tidaknya tergantung telinga.

Jika suara keluaran speaker sudah terasa mantap , jernih , nyaring dan nyaman ditelinga kita , boleh jadi itulah speaker yang cocok untuk Anda.Saran :Jangan mudah terpikat dengan harga murah atau desain yang modis saja tapipertimbangkan juga kwalitas suara yang dihasilkannya . Dan yang pentingsesuaikan dengan aplikasi yang kita perlukan dan budget yang kita anggarkan.Ada 4 Tips dalam memilih atausewa sound systemuntuk keperluan bermusikanda.

1) Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk penggunaanpribadi seperti latihan dll, cukuplah memilih amplifier dengan daya 15-20 watts.Pada kebanyakan amplifier berdaya kecil seperti ini telah tersedia fasilitas jackHead Phone, Alat Musik (misal: Amplifier Guitar Laser 20) yang sangat bergunaterutama bagi kawula muda yang punya kebiasaan bermain alat musik hinggatengah malam.Dengan memanfaatkan saluran untuk Head Phone ini, maka dijamin seisi rumahyang lain ataupun tetangga tidak akan terganggu “atraksi” kita

Untuk penggunaan atau sewa sound system acara pesta, Anda akan memerlukandaya yang lebih tinggi lagi yaitu sedikitnya 125 watts atau lebih, karena amplifierini akan dapat sekaligus kita gunakan sebagai monitor dari instrument musik yangsedang kita mainkan. Acara pesta pernikahan, party, ulang tahun, atau acaragathering memang membutuhkan sewa sound system yang lebih besar.

2) Pilihlah amplifier yang berkualitas baik yang sesuai dengan pencahayaan. Bilakita membutuhkan amplifier untuk keyboard, maka sangat disarankan untukmemilih amplifier yang tidak merubah warna suara asli yang dihasilkan olehkeyboard tsb (flat). Ada banyak amplifier yang menghasilkan suara yang berbedadari suara aslinya, bila hal ini terjadi maka akan terjadi suara-suara yang lain yangakan mengurangi karakter asli dari bunyi yang sebenarnya dihasilkan keyboarddikarenakan terjadinya penambahan atau pengurangan terhadap frekuensitertentu. Biasanya hal ini terjadi pada frekuensi yang sangat rendah (low bass)atau frekuensi yang sangat tinggi (high treble). Jadi kita harus jeli memilih atausewa sound system yang sesuai atau sesuai dengan pencahayaan.3) Model dan penampilan amplifier dapat menjadi pertimbangan terakhir. Modelyang diinginkan akan bergantung pada selera masing-masing. Model yang bagusmenurut seseorang, belum tentu bagus juga menurut orang yang lainnyademikian dalam sewa sond system tidak sembarangan .4) Ada baiknya anda bertanya kepada jasa sewa sound system, karena merekamerupakan orang yang berpengalaman, sehingga anda tidak akan kecewa. Jadikita bukan hanya mencarisewa sound sistemmurah, tetapi kualitas harus tetapmenjadi pilihan.